Teluk Tomini

Bookmark and Share

lintang 0°15'28.99"S

bujur 120°31'40.48"T

Teluk Tomini adalah salah satu teluk terbesar di Indonesia. Letaknya di bawah lengan utara Pulau Sulawesi. Begitu luasnya hingga tiga provinsi bersinggungan langsung dengannya, masing-masing Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Dalam pembagian kawasan keanekaan hayati, ketiganya berada di zona Wallacea, yang dalam sejarahnya merupakan kawasan terpisah dari Benua Asia maupun Australia. Nama Wallacea diambil dari nama peneliti dan naturalis Inggris yang menjelajahi kawasan Indonesia timur (1854-1862), Alfred Russel Wallace.

Nama itu pula yang kemudian dipakai sebagai nama ekspedisi penelitian di kawasan pesisir dan lautan di wilayah Indonesia timur. Bedanya dengan Alfred, ekspedisi kini dikhususkan mengeksplorasi potensi pesisir dan laut; wilayah yang belum optimal dieksplorasi Alfred karena keterbatasan teknologi.

Di mata awam, ketenaran Teluk Tomini barangkali kalah dari Kepulauan Togean, gugusan pulau di tengah Teluk Tomini yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya sehingga menjadi surga para penyelam.

Teluk Tomini merupakan perairan teluk terluas di Indonesia serta memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Teluk Tomini berada di wilayah tiga provinsi. Selain Gorontalo juga Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Karena itu, potensi perairan Teluk Tomini tentu menjadi sumber daya alam yang melimpah bagi tiga provinsi itu.

Di Gorontalo, hutan mangrove tersebar di areal seluas 12.000 ha. Memang keadaan hutan mangrove yang cukup baik terdapat di pantai selatan Gorontalo, dengan jenis yang paling dominan adalah Xylocarpus sp dan Rhizophora mucronata. Masih ada jenis lain yaitu Avicennia alba, Avicennia marina, Brugeria gymnorhiza, Ceriops, Excocaria, Rhizophora apiculata, dan Rhizophora stylosa.

Ekosistem mangrove ini mempunyai peran penting, antara lain sebagai pelindung pantai, tempat makan berbagai jenis ikan dan burung, juga untuk mempertahankan kualitas air di kawasan pantai, serta produksi kayu.

Ikan karang banyak ditemukan diteluk tomini yaitu 19 famili dan 44 spesies di pulau paniki dan 16 famili dan 64 spesies di pulau walea. Selain itu juga di teluk tomini terdapat berbagai jenis terumbu karang




{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar