Perubahan Iklim Global terhadap Lahan Basah

Bookmark and Share

Hal yang mungkin akan terjadi akibat perubahan iklim global terhadap lahan basah antara lain :

a. El Nino makin sering terjadi dan tidak memiliki periodisitas yang jelas, dan dampak yang terlihat di Indonesia umumnya kemarau panjang. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada beberapa sungai dan rawa. Ancaman kekeringan akibat gejala El Nino tentunya pula kembali menjadi faktor pendorong kebakaran hutan yang selama ini telah membumi hanguskan jutaan hektar lahan hutan.

b. La Nina sebagai lawan dari El Nino secara umum tidak pasti meningkatkan curah hujan, khususnya yang terjadi ditahun 1999 dan 2000 dimana justru curah hujan turun nantinya akan berdampak terhadap ketersediaan air pada lahan.

c. Global Warming ,Seiring dengan meningkatnya suhu bumi, maka es dikutub pun mulai mencair. Air laut yang merasuk hingga kedaratan dapat merusak keseimbangan ekosistem lahan basah. Ancaman terhadap naiknya permukaan air laut juga menebar ancaman tenggelamnya pulau-pulau.

d. Curah hujan yang tinggi, lereng yang curam didaerah hulu disertai dengan perubahan ekosistem, dari tanaman tahunan atau tanaman keras berakar kedalam, ketanaman semusim berakar dangkal, mengakibatkan berkurangnya air yang disimpan dalam tanah, memperbesar aliran permukaan dan menjadi penyebab terjadinya longsor. Curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu yang singkat dan tidak dapat diserap tanah akan dilepas sebagai aliran permukaan yang akhirnya menimbulkan banjir.

{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

007 mengatakan...

makasih ya atas informasinya

fatur mengatakan...

sama-sama bro

Posting Komentar