Sungai Mekong

Bookmark and Share

lintang 15°42'14.40"U

bujur 105°29'33.54"T

Mekong adalah salah satu sungai utama di dunia. Dia merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475km³ air setiap tahunnya), dia mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet dia mengalir melalui China provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk kedalam Komisi Sungai Mekong. Karena variasi musim yang sangat berbeda dalam aliran dan adanya "rapid" dan air terjun membuat navigasi sangat sulit.

Biodiversitas dari Lembah Sungai Mekong adalah tak terukur, dan dari sungguh-sungguh arti pengecualian ke konservasi biodiversitas internasional bahkan jika dibandingkan dengan bagian lain dengan Asia tropis. Sungai dan ini banyak anak sungai, air yang tertahan karena pasang, danau, dan dukungan paya banyak ekosistem unik dan satu array lebar dari serentak jenis terancam seperti Dolfin Irrawaddy, Buaya siam, Raksasa Catfish dan burung seperti Ibis Raksasa dan Sarus Jengah. Keaneka ragaman dari dunia binatang sungai sendiri dilebihi hanya dengan tersebut Amazon dan Kongo, dengan di antara 500 dan 1,300 jenis ikan inhabiting alur utama, anak sungai, dan lahan basah berhubungan.

Biodiversitas ini fundamental ke kelangsungan hidup dari sumber daya alami mendasari mata pencarian pedesaan dari satu populasi dari 55 juta orang-orang tinggal di dalam Lebih Rendah Mekong Kolom padanan untuk lebih dari 90% populasi dari seluruh Mekong Kolom, dan sekitar sepertiga dari penjumlahan berkombinasi populasi dari Kamboja, Lao PDR, Thailand dan Vietnam.

Kesana-sini 1,300 jenis ikan mungkin ada di sungai mekong, satu pembahasan taxonomic yang sistematis telah mengidentifikasi 456 jenis dari yang mana 179 (40%) adalah endemic mempertunjukkan satu taraf tinggi endemism lokal. Raksasa berpindah Catfish Pangasianodon Gigas adalah dipercayai dapat berpindah berlalu seribu kilometer setiap tahun dari sekitar Tonle sampai ke delta untuk meregang pada hulu Mekong dari Vientiane.

Ada 435 jenis burung ditemukan di Kamboja. Penemuan terbaru membuktikan terdapat 106 jenis adalah burung air.

Buaya siam Crocodilius Siamensis terdapat pula disungai mekong. Ini tadinya tersebar luas meskipun demikian telah rosot secara drastis sehubungan dengan perburuan liar. Populasi ini, diyakini terbatas pada selatan Lao PDR dan Kamboja, sebagai daerah terakhir populasi. Disungai mekong terdapat pula kura-kura
bertinju belang Cuora Trifasciata.

Hewan tak bertulang punggung: Lahan basah di sungai mekong sangat banyak mengandung keanekaragaman lainnya. Survei terbatas dari kerang-kerangan yang sejauh ini satu biodiversitas kaya dengan satu taraf tinggi dari endemism dari 160 jenis kerang-kerangan diidentifikasi di 500km dari Mekong dan dianak sungainnya terdapat pula 116 jenis (72%) adalah endemic. Sama seperti sungai air tawar yang lainnya tidak ditemukan ubur-ubur Moerisia Sp.

Pada survei terbaru dari konvensi Ramsar, ditemukan 33 jenis vegetasi dan kebanyakan dari mereka adalah sumber dari makanan ikan seperti buah dan daun-daun.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar