Metode Valuasi Lahan Basah

Bookmark and Share

Untuk melakukan valuasi lahan basah dapat dilakukan dengan beberapa metode yakni :

1) Market Price Method

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis untuk produk-produk dari ekosistem atau jasa/manfaat dari ekosistem tersebut yang diperjualbelikan dipasar-pasar komersial.

2) Productivity Method

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis untuk produk-produk dari ekosistem atau jasa/manfaat dari ekosistem tersebutyang turut mendukung produksi barang-barang yang dijual secara komersial.

3) Hedonic Pricing Method (HPM)

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis untuk produk-produk dari ekosistem atau jasa/manfaat dari lingkungan yang secara langsung mempengaruhi harga pasar beberapa barang. Metode ini paling banyak diaplikasikan dalam variasi harga tempat tinggal yang menggambarkan nilai dari atribut lingkungan setempat.

4) Travel Cost Method (TCM)

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis yang terkait dengan menggunakan ekosistem atau situs yang digunakan untuk rekreasi.

5) Damage Cost Avoided, Replacement Cost, and Subtitute Cost Methods

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis yang didasarkan atas biaya penghindaran dari bahaya yang diakibatkan oleh hilangnya jasa/manfaat dari suatu ekosistem, atau biaya untuk penggantian jasa/manfaat dari ekosistem tersebut.

6) Contigent Valuation Method

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis untuk segala macam ekosistem dan jasa-jasa lingkungan. Metode ini dapat digunakan untuk memperkirakan nilai komoditas yang diperdagangkan atau yang tidak, dan metode ini adalah metode yang digunakan secara luas untuk memperkirakan nilai komoditas yang diperdagangkan. Metode ini juga merupakan metode yang paling kontroversial dari metode penilaian non pasar.

7) Contigent Choice Method

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis untuk berbagai ekosistem atau jasa/manfaat lingkungan secara virtual. Metode ini berdasarkan pertanyaan pada orang-orang untuk membuat penawaran antara menetapkan ekosistem atau jasa/manfaat lingkungan. Metode ini tidak langsung menanyakan keinginan, kerelaan untuk membayar.

8). Benefit Transfer Method

Metode ini memperkirakan nilai ekonomis suatu ekosistem dengan cara mentransfer perkiraan adanya keuntungan dari pembelajaran yang telah diselesaikan bagi lokasi lain.

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

Gerobak Codot mengatakan...

Tolong.... jangan memuat hewan berpeang dalam blognya.

Posting Komentar