Tips Latihan Service Tenis Meja (Bagian 1)

Bookmark and Share
1. Saat ini kita akan membahas mengenai cara bagaimana menempatkan service yang baik. Untuk memudahkan menempatkan service yang baik maka dapat menggunakan alat bantu berupa lingkaran hulahoop, dengan cara menyimpannya di tengah-tengah meja. Lakukan service tanpa menyentuh atau memasuki lingkaran, arahkan service ke kiri dan ke kanan, usahkan service sependek dan secepat mungkin. Variasi service dapat kita ubah-ubah dengan menggunakan backspin (chop), side spin (putaran samping) ataupun side back spin (putaran samping dengan chop). untuk lebih memaksimalkan latihan gunakan bola banyak.

2. Service yang kita gunakan dapat berupa service pendek maupun panjang, kali ini akan dibahas mengenai service panjang. Syarat menggunakan service panjang adalah service yang dihasilkan berupa service di ujung meja dengan kecepatan tinggi sehingga membuat lawan kaget dan merasa kesulitan.Service panjang tidak akan efektif jika service yang dihasilkan panjangnya tanggung, kecepatannya rendah serta bolanya tinggi, dengan service seperti itu akan memudahkan lawan melakukan serangan.

Untuk memudahkan kita melakukan latihan service panjang maka diperlukan beberapa alat bantu berupa tali dan wadah minum plastik. Peralatan ini mudah didapat dan dicari di sekitar kita.
Caranya tali dilintangkan di tengah tengah meja, hal ini agar service yang dihasilkan tidak memasuki daerah sebelah dalam tali. Kemudian wadah minum plastik di simpan di ujung meja. Letak dari wadah tersebut diatur sedemikian rupa disesuaikan dengan keinginan kita kemana arah bola yang akan kita tuju.
Ketika melakukan service gunakan kecepatan pergelangan tangan untuk menambah kecepatan bola. Jatuhkan bola di daerah lawan sebelah luar tali yang melintang dan kenakan bola pada wadah plastik tersebut.
Lakukan latihan dengan berulang-ulang dengan menggunakan bola banyak.

3. Salah satu service yang mematikan adalah dengan menggunakan service menyamping dengan chop, service ini dilakukan dengan cara memukul bola secara menyamping dengan menggunakan chop. Saat bola dipukul, usahakan mengenai ujung bet dengan menggunakan kekuatan pergelangan tangan untuk menggesek bola. Untuk mempercepat penguasaan teknik ini dapat menggunakan botol di tengah lapangan. Bola yang diservice diarahkan agar memutar botol yang berada di tengah dan kembali ke arah yang melakukan service. Jika bola memutar botol tersebut berarti kita telah melakukan dengan baik service tersebut

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar