Tips Latihan Service Tenis Meja (Bagian 2)

Bookmark and Share
4. Ketinggian merupakan hal yang utama ketika kita melakukan servis.
Ketika kita melakukan sevice, terutama service yang pendek, maka ketinggian service sangatlah menentukan. Jika service yang diberika terlampau tinggi, maka dengan mudah lawan akan melakukan serangan balasan dengan menggunakan flip/flick, hal ini akan menyulitkan kita pada permainan selanjutnya, atau bahkan mematikan permainan kita. Untuk itu, ketika kita melakukan service diperlukan ketinggian yang seminimal mungkin agar lawan kesulitan dalam menerimanya.
Cara untuk mengatur ketinggian service adalah dengan melatih terknik service. Caranya yaitu dengan memberi penghalang di atas net (kira-kira setinggi jarak antara penghalang dan net 1 sampai 2 kali tinggi net). Dengan memberi penghalang ini maka kita dapat berlatih mengatur ketinggian service. Bola yang diservice melewati antara penghalang dengan net. Untuk mempercepat menguasai cara service ini maka dapat dilakukan dengan menggunakan bola banyak. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat gambar di bawah bagaimana kita melakukan proses tersebut.

Lihat juga Tips Latihan Service Tenis Meja (Bagian 1)
5. Memberikan service yang sesuai dengan yang diharapkan merupakan hal penting ketika dalam permainan baik ketika sedang bermain tunggal maupun ketika bermain ganda.Tips berikut ini adalah untuk mengatur bagaimana mengatur panjang pendeknya service yang diberikan kepada lawan. Untuk memudahkan kita mengatur hal tersebut maka salah satu caranya adalah mengatur penempatan bola pertama di meja sendiri ketika melakukan service.
Alat bantu yang dipersiapkan untuk melatih pengaturan service adalah sebuah tali yang dibentangkan ditengah-tengah meja.
- Untuk melatih memberikan bola panjang, maka ketika service bola dipantulkan di bagian belakang tali.
- Untuk memberikan bola pendek kepada lawan, maka bola pertama dipatulkan diseberang tali dekat net.
Tips ini untuk membantu Anda dalam melakukan service dengan mengatur panjang pendeknya. Kadang-kadang pemain yang sudah berpengalaman dapat melakukan service pendek dengan memberikan bola pertamanya tidak perlu di dekat net, melainkan di bagian belakang mejanya atau di belakang tali. Kuncinya berlatih sesering mungkin.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar