12 Tips Pamungkas Tenis Meja Pemula

Bookmark and Share
oleh Jackie Lee, anggota tim STIGA, Pemenang kejuaraan perempuan usia 22 , California Selatan Terbuka 2007

1. Ketika menyerang, usahakan menyerang bagian tengah lawan. Bukan berarti bagian tengah meja, tapi disekitar bagian siku lawan.

2. Usahakan mengembalikan servis dg forehand. Hal itu akan membuat lawan tetap pada posisi sebelumnya krn akan lebih sulit baginya utk mengantisipasi penempatan bola anda.

3. Ketika melakukan servis, tdk usah takut utk melakukan servis panjang dan dalam atau bahkan jarak menengah. Servis jarak menengah cukup efektif krn kebanyakan orang ragu untuk menyerang servis tsb, pun sulit utk melakukan pengembalian pendek.


4. Usahakan utk terus melihat bola dengan tetap memperhatikan lawan.

5. Ketika menerima servis, tdk perlu melakukan pengembalian yg sempurna. Yg paling penting adalah tetap menjaga supaya bola tdk keluar dan bersiaplah utk bola berikutnya.

6. Jangan memindahkan berat tubuh anda terlalu awal sebelum anda benar2 telah bergerak sehingga anda bisa menjangkau bola.

7. Ketika melakukan flip atau push, biarkan siku tetap bengkok. Banyak orang meluruskan lengannya dan berakhir dg kehilangan kontrol pada bola.

8. Ketika skor hampir berakhir pada satu babak, tdk usah panik atau memikirkan kemenangan. Tetap tenang dan bermain se-olah2 skor masih 0-0. Berpikirlah tentang permainan satu poin setiap saat.

9. Ketika melakukan servis, fungsikan pergelangan utk mendapatkan sedikit tambahan speed dan spin. Hal ini juga akan membantu anda utk kembali ke posisi netral dg cepat.

10. Banyak orang berpikir keras tentang melakukan servis dg spin tinggi. Sekali2 lakukan servis tanpa spin ke lawan. Hal itu tdk akan memberinya sesuatu dan dia hrs melakukan putaran sendiri utk menciptakan spin.

11. Jangan takut utk melakukan servis panjang menyusur garis (down the line) ke forehand lawan (jika anda dan lawan anda sama2 bukan pemain kidal), khususnya jika lawan anda suka bergerak kesana kemari untuk menggunakan forehandnya.

12. Untuk posisi netral, anda harus meletakkan kaki kanan di belakang kaki kiri (jika anda pemain tangan kanan, atau pada posisi sebaliknya jika anda pemain kidal). Posisi ini diharapkan lebih menguntungkan utk forehand serta membantu meminimalkan area pertengahan badan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar