Tenis Meja : Latihan Footwork

Bookmark and Share
Ini dimaksudkan bagi mereka yang membutuhkan bantuan dalam pergerakan kearah bola. 

Jika anda dapat melakukan stroke baik, sementara kaki anda tetap di satu tempat, tapi jika anda mulai berlatih yang stroke dengan gerakan kaki dan anda kehilangan konsistensi pukulan, maka anda perlu meningkatkan footwork. Ketika mempelajari footwork, lakukanlah beberapa sesi praktek kaki bayangan perlahan sampai anda terbiasa dengan gerakan footwork yang benar itu, perlahan – lahan anda bisa lakukan didepan cermin dengan mengimajinasikan gerakan yang footwork yang benar dalam pikiran anda. Kemudian gabungkan gerakan footwork tersebut dengan beberapa jenis stroke atau kombinasi stroke dengan menggunakan robot dibeberapa titik berbeda pada meja.

Memiliki footwork yang tepat sangat membantu dalam melaksanakan Strokes yang baik. Dengan footwork dengan baik, pemain akan dapat dengan mudah bergerak ke posisi yang tepat dan kemudian menjalankan stroke dengan kuat, teratur dan seimbang. Ini mengarah ke konsistensi, kecepatan, dan penggunaan kekuatan penuh. Tanpa footwork yang bagus, seorang pemain akan mencapai, meraih, dan memukul bola dari posisi yang tidak seimbang alias memaksakan posisi. Strokepun kacau balau baik dalam penempatan bola maupun kecepatannya..wah pokoke acak – acakan deh. 

Di tenis meja, anda tidak harus mencakup banyak ruang gerak, akan tetapi anda harus pindah ke tempat yang sangat cepat. Karena itu, sebagian besar footwork terdiri dari satu atau dua langkah, biasanya cukup pendek. Selama menggunakan footwork, sangat penting untuk tetap menjaga keseimbangan. Selalu mulailah dari gerakan kaki pada posisi siap seimbang.
Tempatkan berat pada mata kaki anda dengan tumit sedikit menyentuh tanah alias jing jit atau jing ke. Pertahankan bahu anda tetap terpusat bertumpu pada lutut anda. Hilangkan setiap gerakan ke atas dan ke bawah. Bergerak cepat setelah lawan mengarahkan bolanya, bukan sebelumnya. Bergerak ke mana bola akan datang sebelum anda mulai memukul. 

"Hindari memukul sambil bergerak apalagi sambil loncat…jelekkkk..!!!!." 

Untuk gerakan side – to - side, anda dapat menggunakan satu langkah, dua langkah, atau tiga langkah footwork. 
Satu langkah kaki yang biasanya digunakan untuk jarak pendek, dua-langkah untuk jarak menengah, dan tiga langkah untuk jarak panjang. 

Satu langkah footwork yang sangat umum digunakan pada saat gerakan kekiri untuk mencakup berbagai macam pukulan pada sisi backhand. Hal ini dapat dilakukan oleh anda hanya dengan pergeseran berat ke kaki kanan dan kaki kiri mendorong anda lebih ke kiri. Sebaliknya jika anda ingin bergerak ke kanan. Salah satu kerugian besar dari satu langkah kaki ini dapat membuat anda dalam "telat" jika anda harus memiliki posisi untuk bergerak lebih dari satu atau dua kaki. Apabila telat, sulit untuk mendapatkan posisi siap untuk pukulan berikutnya. 

Dua-langkah footwork adalah yang paling umum dalam footwork. Digunakan pada sisi forehand untuk mencapai arah bola yang melebar disisi forehand anda, anda bertumpu pada kaki kanan, tarik kaki kiri anda menuju kaki kanan anda, maka dengan cepat kaki kanan anda beralih ke kanan. Akhiri footwork dalam posisi relatif yang sama seperti ketika anda mulai gerakan kecuali 2-3 kaki lebih ke kanan. Ini adalah jenis gerakan skipping. 

Tiga-langkah footwork digunakan untuk membalas pukulan lawan yang keras kearah forehand anda, belok menyamping ke sisi lebar forehand anda, atau kesisi lebar backhand anda dengan pengembalian menggunakan forehand anda. Sangat mirip dengan dua langkah footwork diatas kecuali satu tambahan langkah kecil dibuat sebelum kedua kaki yang bergeser. Bergerak ke kanan, mengambil langkah kecil dengan kaki kanan ke kanan (6 sampai 8 inci), berat anda beralih ke kaki kanan, kemudian lakukan dua langkah- footwork.

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

ady nalle mengatakan...

makasih infonya sangat berguna skali. thx

Posting Komentar