Roger Williams, Pianis Ternama Lagu Sentimental, Tutup Usia

Bookmark and Share
Roger Williams - Pianis yang subur dengan versi lagu-lagu akrab seperti "Auntum Leaves" dan "Born Free" serta menjadi rekaman hit di tahun 1950-an dan 60-an dan yang terus tampil di konser ke 80 nya, meninggal pada hari Sabtu di rumahnya di Los Angeles . Pada usia 87 tahun.

Penyebab kematian Williams adalah komplikasi kanker pankreas, mantan juru bicara Rob Wilcox mengatakan kepada The Associated Press.

Tujuh single oleh Mr Williams berhasil ke Billboard Top 40, mungkin yang paling dikenal di antaranya dan salah satu yang membawanya menjadi bintang adalah "Autumn Leaves." Selama kariernya yang panjang, ia mencatat lebih dari 100 album, di antaranya " Roger Williams Plays Your All-Time Favorites" dan "The Pianist Populer Greatest”.

Mr Williams “virtually transformed the piano into a harp," tulis Joseph Lanza, seorang sejarawan musik, pada tahun 1994 dalam bukunya "Musik Lift," menambahkan bahwa ia "cultivated a flair for making dramatic sweeps from classical to jazz to country to soft rock-and-roll".

Dia melakukan pertunjukan keliling Amerika Serikat, dari Carniage Hall sampai Hollywood Bowl dan menjadi bintang untuk beberapa tahun di MGM Grand and the Tropicana di Las Vegas. Presiden ke-9 Amerika Serikat termasuk Harry S. Truman dan George W. Bush mengundangnya ke gedung putih untuk tampil menghibur tamu saat makan malam.

Tentu saja "Auntum Leaves" diantara karyanya yang paling mengagumkan, karena serasa dapat membangkitkan kenangan. Awalnya music instrument Mr. Williams pada tahun 1940an dikenal dengan "Feuilles Les Mortes" ("The Dead Leaves"), dengan musik oleh Joseph Kosma dan lirik Perancis oleh Jacques Prevert (Johnny Mercer menulis lirik bahasa Inggris), karya tersebut dapat bertahan menjadi nomer 1 di chart single Billboard selama empat minggu pada tahun 1955 dan tinggal di top 40 selama 26 minggu.

Didampingi oleh orkestra dan paduan suara, Mr Williams mengambil topic sabana Afrika untuk sountrack film tahun 1966 yang berjudul "Born Free" tentang singa betina dibesarkan sebagai hewan peliharaan di Kenya, dan No 7 tempat selama rekaman 14 minggu di top 40 pada tahun 1966. Top 40 hit lainnya adalah "Wanting You" (1956); "La Mer," atau "Beyond the Sea" (1956); "Almost Paradise" (1957); "Till" (1957), dan "Near You" yang mencapai Top 10 di 1958.

Pada tahun 1960, Mr Williams dihormati dengan sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame. Ketika ia tampil di Philharmonic Hall di New York pada tahun 1970, Robert Sherman dari The New York Times menulis tentangnya " sumptuous piano settings " dan mencatatkan bahwa dia " held his large audience enthralled " dengan memainkan salah satu favorit lama setelah yang lain. " The concert’s promise of ‘Easy Listening” Mr Sherman menyimpulkan, " was faithfully kept".
Meskipun musikalitas nya terlihat jelas bahkan ketika dia masih balita, dia tidak selalu Roger Williams.

Ia dilahirkan Louis Yakub Weertz di Omaha pada 1 Oktober 1924, dan dibesarkan di Des Moines, anak tunggal dari Frederick dan Dorothea Weertz. Ayahnya adalah seorang pendeta Lutheran yang pernah menjadi petinju profesional; ibunya adalah seorang guru musik. (Hanya setelah pendiri Kapp Records, David Kapp, menandatangani kontrak dia pada 1954 bahwa ia mengubah namanya, atas desakan Mr Kapp itu.)

"Aku bisa memainkan 'Home Sweet Home' pada harmonika ketika saya adalah 3," kata Mr Williams The Daily Mirror pada tahun 1955. Pada saat ia masih di SMA ia mahir pada 12 instrumen lain." Everything but the oboe and bassoon " katanya, " but I finally settled for what I liked best — the piano".

Mr Williams lulus dari Idaho State University pada tahun 1949, meraih gelar master dalam musik dari Drake University di Des Moines setahun kemudian dan kemudian datang ke New York untuk belajar di Juilliard School, di mana Teddy Wilson jazz pianis terkenal membawanya di bawah nya sayap.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar