Contingen Valuation Method (CMV), Hedonic Pricing (HP), Net Factor Income (NFI), The Travel Cost Method (TCM)?!!?????!!??????

Bookmark and Share

a. Contingen Valuation Method (CMV)

Contingen Valuation Method adalah suatu metode yang digunakan untuk memperkirakan nilai ekonomis untuk segala macam ekosistem dan jasa-jasa lingkungan. Metode ini dapat digunakan untuk memperkirakan nilai komoditas yang diperdagangkan atau yang tidak, dan metode ini adalah metode yang digunakan secara luas untuk memperkirakan nilai komoditas yang tidak diperdagangkan. Metode ini juga merupakan metode yang paling kontroversial dari metode penilaian non pasar.

b. Hedonic Pricing (HP)

Definisi hedonic (secara kamus) adalah berarti atau berhubungan dengan utilitas. Secara bahasa, yaitu yang berhubungan dengan kesenangan (pleasure). Suatu model ekonometrik hedonic adalah model dimana variabel independen berhubungan dengan kualitas, misalnya kualitas dari suatu produk yang ingin dibeli. Metode hedonic price banyak diterapkan dalam studi ekonomi lingkungan, karena dalam studi ekonomi lingkungan banyak harga-harga barang yang tidak ‘nyata’ (implisit) namun melekat pada barang tersebut. Misalnya pengaruh polusi udara terhadap harga properti, demikian pula pengaruh lingkungan yang bersih terhadap harga properti. Untuk mengestimasi harga rumah, metode persamaan hedonic price adalah salah satu cara pengeluaran untuk perumahan yang dapat diuraikan dalam harga dan kuantitas yang terukur, sehingga sewa untuk setiap rumah yang berbeda atau rumah yang sama dilokasi yang berbeda dapat diprediksi dan dibandingkan. Secara sederhana, persamaan hedonic adalah regresi dari pengeluaran (sewa atau nilai) karakteristik rumah. Variabel independen mempresentasikan karakteristik individual rumah, dan koefesien regresi dapat dijadikan estimasi harga implisit karakteristik-karakteristik tersebut. Metode hedonic price dapat menjelaskan nilai real estate melalui feature dari properti tersebut. Feature dari properti terdiri dari 3 komponen yaitu komponen fisik, aksesibilitas dan lingkungan sekitar.

c. Net Factor Income (NFI)

Net Factor Income (NFI) merujuk pada properti bersih aliran pendapat dari dan kebagian dunia (pembayaran pada pendapatan bersih) plus jaring aliran kompensasi karyawan (bersih pada penerimaan kompensasi). Terdari dari penerimaan pendapatan bersih dari sisa dunia seperti (1) investasi termasuk pendapatan bunga, dividen, dan keuntungan cabang; (2) pendapatan penduduk yang bekerja diluar negeri, dan; (3) faktor lainnya pendapatan dari warga biasa.

d. The Travel Cost Method (TCM)

The Travel Cost Method (TCM) merupakan metode yang digunakan untuk memperkirakan nilai ekonomi yang terkait dengan menggunakan ekosistem atau situs yang digunakan untuk rekreasi.

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

Fatur mengatakan...

yes akhirnya berhasil bro!!!!!!

Posting Komentar